DPR ikuti pertemuan perangi korupsi di Meksiko

delegasi dpr-ri akan memenuhi pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 di meksiko yang membahas isu menanggulangi korupsi.

isu (menanggulangi korupsi) tersebut adalah salah Salah satu jadwal penting pertemuan pimpinan parlemen bertajuk `the 4th meeting of g-20 speakers consultation forum` yang berlangsung di mexico city, dalam 3--5 april 2013, papar wakil ketua dpr koordinator ekonomi dan keuangan (korekku) mohamad sohibul iman pada jakarta, selasa.

dalam penjelasan dengan tenaga ahli media wakil ketua dpr korekku h muarif, ia mengajarkan disamping sohibul iman, delegasi dpr-ri dan hadir adalah ketua badan kerja sama antar-parlemen (bksap) dr kh surahman hidayat, m.a, juga wakil ketua bksap hayono isman.

kami mau bahas isu perang melawan korupsi bersama pimpinan parlemen dari negara-negara anggota g-20, termasuk isu bermanfaat yang lain seperti reformasi sistem keuangan, ketahanan pangan, sampai persoalan lingkungan hidup, ujarnya.

ia menjelaskan, pertemuan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 adalah jadwal tahunan yang telah diikuti indonesia sejak pertama kali digelar dalam 2010.

Yang Lain: Dealer Honda Jakarta - Mencari Dealer Honda - Dealer Honda

disebutkan kiranya dari pertama kali diadakan dalam ottawa, kanada tahun 2010, lalu seoul, korsel pada 2011 dan riyadh, saudi arabia selama 2012, indonesia terus berpartisipasi aktif.

selain membahas berbagai persoalan itu, kata dia, dijadwalkan pula delegasi indonesia bakal menggelar pembicaraan bilateral dengan delegasi meksiko dan rusia.

pembicaraan tersebut menjadi penting sebab disamping tuan rumah, tahun 2012 meksiko merupakan ketua g-20. sementara, dengan delegasi rusia kita usah adakan pertemuan mengingat tahun 2013 ini rusia menjadi ketua g-20, ujarnya seraya menyebut kedua pertemuan itu dilakukan dalam sela-sela persidangan.

sohibul yakin, indonesia bakal ada mengikuti faedah daripada semua isu yang dibahas pimpinan parlemen negara-negara g-20.

apalagi, tutur dia, pertemuan tersebut dijadwalkan ingin diikuti pula oleh delegasi parlemen eropa serta presiden parlemen dunia (ipu) abdulwahad radi.

ia menambahkan, sebagaimana pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan di mexico city tersebut bakal diakhiri melalui pernyataan bersama pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20.