Jordan benarkan 35.000 pengungsi kembali ke Suriah

sekitar 35.000 pihak pengungsi suriah tinggal dari kamp al-za`tari dalam amman ke tanah air mereka sejak awal krisis untuk menghindari kondisi buruk mereka menderita pada kamp.

juru bicara urusan pengungsi suriah pada jordania, anmar al-hamoud, menegaskan kepada afp kiranya jumlah pengungsi suriah yang tinggal ke negara mereka secara sukarela sejak awal krisis mencapai 34,824 pihak.

ia menambahkan bahwa pemerintah jordania meyakinkan kamis perihal kembalinya 2500 pengungsi dari kamp al-za`tari ke suriah atas permintaan mereka sendiri.

puluhan pengungsi suriah tinggal ke suriah selama beberapa bulan terakhir, sebab kondisi kehidupan yang besar pada kamp serta kurangnya pelayanan kemanusiaan serta medis, penculikan tindakan, perampokan dan kebakaran.

Informasi Lainnya:

kantor berita afp sebelumnya, hampir 35.000 pengungsi suriah sudah pulang dari jordania dari konflik selama negara mereka pecah di maret 2011, ternyata kasus dan lebih sulit malahan masuk selama eksodus bulan kemarin saja, papar asli juru bicara pemerintah, jumat.

sebanyak 34.824 pengungsi suriah sudah terserah ke negara mereka sejak awal krisis, tutur juru bicara pendataan pengungsi, anmar al-hammud.

dia menungkapkan kurang lebih 2.500 daripada mereka telah kembali atas permintaan sendiri dari kamp pengungsi zaatari di jordania utara dalam kamis melalui bantuan jasa keamanan jordania.

jordania mengatakan pihaknya menampung lebih daripada 475 ribu pengungsi dari suriah, tergolong lebih daripada 146 ribu pengungsi pada zaatari, suatu kamp perbatasan yang penghuninya sudah mengerjakan pilihan aksi protes atas kondisi kehidupan yang besar.

lebih dari 41 ribu pengungsi suriah memasuki jordania pada bulan maret saja, papar hammud. ia menambahkan bahwa kerajaan itu takut persentasi pengungsi ingin melonjak merupakan 700 ribu di akhir tahun ini.

sebanyak 1,2 juta penduduk suriah sudah melarikan diri ke negara-negara tetangga selama dua tahun terakhir, kata komisariat tinggi pbb agar pengungsi, demikian oana.