Sayembara hotel "Prambanan" berhadiah ratusan juta

pt. taman wisata candi (twc) borobudur, prambanan serta ratu boko (persero) dan ikatan arsitektur indonesia (iai) mengadakan sayembara pembuatan desain hotel prambanan dan kejutan utamanya senilai rp. 125 juta.

hotel tersebut nantinya akan terletak selama wilayah iii candi prambanan atau dalam luar wilayah utama candi prambanan.

direktur pt. twc borobudur, prambanan juga ratu boko purnomo siswoprasetjo menyatakan saat ini twc memerlukan tempat inap ataupun hotel supaya menerima wisatawan domestik maupun asing, menyusul jumlah wisatawan twc semakin meningkat tiap tahunnya serta mutu layanan hotel yang banyak pada sekitar candi prambanan masih kurang.

tak hanya tersebut, setelah itu hotel tersebut serta akan menambah lapangan perhatian orang sekitar prambanan semisal wisata andong (kereta kuda), naik sepeda supaya menikmati kampung prambanan, penambahan kelompok sendratari ramayana malahan ada dan dipekerjakan dijadikan pegawai hotel.

Informasi Lainnya:

intinya apa pengunjung akan menetap lebih lama pada prambanan. pada sana (hotel), kita hendak menjelaskan budaya-budaya indonesia seperti tari, katanya ketika menggelar jumpa media di jakarta di rabu (17/4).

ketua badan penghargaan juga sayembaraa iai ruben tangido menungkapkan hotel mau mempunyai multifungsi seperti ruang pertemuan, musium artifak dan perpustakaan.

peserta sayembara mampu diikuti arsitektur indonesia yang memiliki sertifikasi arsitektur madya.

saat ini audien yang daftar telah 20 pihak dan tak diharamkan arsitektur asing, ujarnya.

pendaftarannya sudah dibuka dari awal april juga akan berakhir selama 13 mei 2013. hotel tersebut hendak berdiri pada atas lahan 3 hektar melalui ketinggian hanya 14 meter ataupun dua lantai.

persyaratannya, luas bangunan harus 60 persen juga lahan hijau seluas 40 persen dan bangunannya harus menggunakan struktur non-foot-print (pondasi tidak menimbulkan jejak).

pemenang ingin dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan rancangan ded (detail engineering design) pada tahap selanjutnya.

tidak hanya berfungsi hotel, tetapi banyak ruang pertemuan, museum dan perpustakaan, tutur ruben.

saat ini purnomo tidak bisa menyerahkan rincian dana investasi serta nama hotel tersebut menanti hasil sayembara desain diumumkan.

pembangunan hotel tersebut akan dilaksanakan selama oktober 2013 juga waktu pengerjaannya menelan waktu 18 bulan.