Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog antara grup oposisi serta rezim dan berkuasa pada suriah adalah cara penting juga paling memungkinkan supaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian pada negara itu, papar peneliti lipi hamdan basyar.

selain diskusi, paling bisa saja sikap berbesar hati presiden bashar al-assad untuk lengser, tutur hamdan ketika dihubungi di jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi serta rezim presiden bassar -- kini selalu mengumpulkan kekuatan dengan melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab sudah memberi dukungan terhadap oposisi di konferensi tingkat tingginya di akhir maret kemarin.

namun, katanya, upaya oposisi supaya mendapat pengakuan dari pbb, ingin besar sebab tekanan dari rusia dan china, dijadikan pendukung utama presiden bashar.

hamdan mengatakan oposisi hanya hendak memperoleh dukungan sebagian negara-negara arab, namun tak dalam pbb, terutama selama saat sidang majelis umum pbb selama september mendatang.

Informasi Lainnya:

kursi pada pbb baru hendak milik bashar, rusia mempunyai kekuatan di pbb, ujarnya.

rusia, dan juga anggota komite mandat majelis publik, sudah secara penuh mengatakan tekadnya supaya menghadang cara diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia supaya pbb vitaly churkin menungkapkan pengakuan pada oposisi suriah mau melemahkan posisi pbb dalam mata dunia.

konflik dan sudah berkepanjangan ini memang mesti segera dituntaskan, rakyat suriah menanti legowo bashar dan yang paling utama banyak dialog supaya rekonsiliasi, papar hamdan.

hamdan menyatakan sekarang pbb dan kesulitan supaya menyelesaikan konflik ini. setiap langkah dewan keamanan pbb, dan mengecam bashar karena pertumpahan darah yang terjadi, telah tiga kali diveto dengan china juga rusia.

dunia menunggu diskusi perdamaian, resolusi pbb dan mengecam bashar telah diveto terus, tindakan pbb selanjutnya ingin mendapat tekanan dari rusia, ujarnya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, dan dikontak dengan terpisah menyatakan solusi politik damai lebih dibutuhkan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab kepada grup oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab mesti diarahkan selama upaya-upaya mendapatkan opsi-opsi perdamaian bagi suriah.

perang saudara berkepanjangan diantara pihak oposisi dengan pemerintahan presiden bashar mesti segera diakhiri demi mengurangi korban di antara penduduk suriah.

berbagai negara dan menyampaikan dukungannya agar terwujudnya dialog perdamaian di suriah. aljazair dan bahrain menyampaikan diskusi adalah satu-satunya penyelesaian kepada krisis selama suriah.

untuk menyelesaikan krisis suriah, tidak dapat dilakukan atas inisiatif negara arab (qatar serta arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris dan prancis) yaitu dengan mengucilkan presiden bashar.