Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi mencatat mantan ketua mk mahfud md menjadi calon presiden idola bagi nahdliyin jatim.

kami bertanya terhadap 1.238 responden yang digarap secara proporsional dengan metode terbuka, sehingga tercatat 26 calon presiden dan disodorkan responden, tutur wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, di surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora dan juga kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang menjelaskan hasil survei menunjukkan banyak lima nama dan mencari dukungan lebih daripada tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, juga arb 5,33 persen, sedangkan nama lain dalam bawah tiga persen, dalam antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, serta sebagainya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei tersebut hendak diserahkan isnu kepada pwnu jatim juga pbnu. ibaratnya, kalau nu selama ini membeli suara langit atau istikhoroh pada pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi melalui suara bumi ataupun survei, ujarnya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas pada kelompok masyarakat nahdliyin, ia mengatakan alasan responden umumnya menyebut mahfud md dijadikan sosok dan tegas serta objektif pada bertindak, meski banyak beberapa bagian yang menentangnya.

alasan yang terekam merupakan 36 persen ketegasan, 31 persen bersih juga jujur, 15 persen pengalaman selama pemerintahan, empat persen adalah kader nu, dan 14 persen untuk alasan lain.

yang menarik, arb tidak dipilih sama alternatif pada sidoarjo. dapat saja hal tersebut akibat lumpur lapindo, namun yang baik adalah banyak penduduk nu dan tak terkena dampak lumpur lapindo pada porong, sidoarjo, tapi mereka memiliki solidaritas yang tinggi kepada korban lumpur, katanya.

meski ditanya tentang figur capres, ujarnya, pilihan nahliyin mencari melalui menggandengkan dengan figur lain, selama antaranya 29 dari 261 responden dan bekerja sama dengan mahfud md menggandengkan melalui figur lain dibuat cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden yang memilih dahlan iskan memasangkannya dengan figur lain, semisal jokowi serta mahfud md, sedangkan 20 daripada 158 responden yang bekerja sama dengan jokowi serta memasangkan melalui figur lain, katanya.

untuk peta objek wisata pemilih/responden, ia mengatakan mayoritas daripada 38 kabupaten/kota pada jatim bekerja sama dengan mahfud md, namun kebanyakan dukungan agar mahfud md dari pemilih banyuwangi, sementara mayoritas pemilih jokowi banyak selama lumajang, pasuruan, juga pamekasan. untuk arb, mayoritas pendukung daripada pasuruan juga jember.