Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya ingin dipusatkan dalam wilayah sorong, papua barat. itulah disampaikan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua kepada wartawan, jumat pada sentani.

seluruh papua dicari bisa merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menjelaskan perayaan 1 mei kali ini berpusat pada sorong sebab berdasarkan sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali pada wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan akan dirayakan lumayan besar-besaran di sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan perayaan 1 mei pada sorong ini akan diselenggarakan dengan gubernur papua barat beserta perangkatnya dibantu dengan jajaran tni.

bisa jadi tahun depan hendak diselenggarakan pula selama jayapura, itu tidak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan kembali papua ke pangkuan nkri ini ingin dilaksanakan dengan bergantian pada pilihan wilayah dalam papua maupun pada papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri dan jatuh selama tanggal 1 mei itu, biasanya dari tahun ke tahun dirayakan dengan besar-besaran dengan tni dibantu melalui pemerintah daerah setempat.

hal ini terbuat untuk penduduk mengingat terserah jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya supaya merebut kemerdekaan yang ketika ini didatangi penduduk luas dalam bumi cenderawasih.